Breaking News

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wahyoe Winarto menghadiri acara Launching UPKSAI

Senin (23/11) Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wahyoe Winarto menghadiri acara Launching UPKSAI (unit pelayanan kesejahteraan sosial anak integratif) Kota Semarang bersama dengan Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial Muthohar, Perwakilan Child Protection Specialist UNICEF Wilayah Jawa-Bali Naning Pudjijulianingsih, Perwakilan Kemensos, Kepala Dinas Pendidikan Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas PPPA Muhammad Khadik, Kepala Disdalduk KB Gurun Risyadmoko, Perwakilan Kajari, OPD Kota Semarang, serta perwakilan dari panti asuhan.


Dalam sambutannya Mutohar mengatakan bahwa konsen UPKSAI pada saat ini adalah memaksimalkan penanganan kasus-kasus anak jalanan, anak terlantar, anak berhadapan dengan hukum (ABH), anak memerlukan perlindungan khusus, anak yang berada dalam situasi rentan yang membutuhkan rujukan ke beragam pelayanan dasar dan perlindungan sosial yang sesuai. Bersamaan launching UPKSAI tersebut dilakukan penyerahan recreational kit dan higienic kit yang merupakan salah satu bentuk dukungan unicef melalui kemensos untuk upaya pencegahan dan penanganan covid. Recreational kit tersebut diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas anak yang tidak bisa bertatap muka dalam proses belajar di masa pandemi ini. Selain itu, dilaksanakan pula penyerahan akta kelahiran yang merupakan bentuk perwujudan menuju Kota Semarang layak anak, di mana masih sekitar 38 ribu lebih anak di Kota Semarang yang belum memiliki akte kelahiran.

Menurut Tavip Supriyanto, UPKSAI ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Kota Semarang dalam memberikan layanan kepada anak-anak di Kota Semarang. Ia berharap, anak-anak yang diambil dan dibawa ke panti oleh unit ini akan memperoleh pemenuhan hak-haknya, mulai dari layanan kesehatan, pendidikan, psikologi, pengasuhan, jaminan dan pendampingan hukum. Selain itu ia juga berharap dengan semangat dan komitmen Pemerintah Kota Semarang dan semua yang berada di unit tersebut bisa melaksanakan amanah dengan baik. Bagaimanapun juga kita mempunyai tanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak-anak, baik itu anak-anak sendiri maupun anak-anak di lingkungan sekitar.

Berita Terkait