Breaking News

Komisi B DPRD Kota Semarang melaksanakan Rapat dengar pendapat membahas tentang Kesiapan RPH dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha

Senin (20/6) Komisi B DPRD Kota Semarang melaksanakan Rapat dengar pendapat membahas tentang Kesiapan RPH dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi B Joko Susilo didampingi oleh Wakil Ketua Komisi B Herlambang Prabowo dan Anggota Komisi B Juan Rama. Hadir dalam rapat tersebut managerial RPH, dokter hewan, serta OPD terkait.

Dalam rapat tersebut Herlambang mengatakan jika BPS yang juga menaungi RPH ingin bangkit maka sebaiknya melakukan inovasi dengan memberikan kemudahan kepada peternak yang ingin masuk. Juan Rama pun berharap jika Bagian Perekonomian Setda Kota Semarang dapat memperhatikan BUMD yang dinaungi agar bisa difasilitasi dan dijembatani dengan OPD terkait. Pada kesempatan yang sama Joko Susilo pun mempertanyakan terkait kesehatan dan kelayakan daging yang akan dikonsumsi mengingat jumlah penduduk yang akan merayakan idul adha di Kota Semarang ini cukup banyak untuk itu ia berharap ada inovasi dari RPH. Di Kota Semarang ini belum ada sistem pelacakan dari mana asal sapi yang akan masuk ke RPH maka dari itu Budi selaku Perwakilan dari managerial RPH mengatakan bahwa pihaknya berusaha untuk membuat inovasi. Untuk sementara ini persyaratan yang untuk hewan yang akan masuk ke RPH harus menyertakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan. Perihal pemotongan hewan untuk kurban di setiap RPH sudah diberi pedoman sebelum pemotongannya dan dikoordinasikan dengan dinas terkait, selain itu untuk pemeriksaan ante mortem dan post mortem dibantu oleh Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

Source : Humas Sekretariat DPRD Kota Semarang

#dprdkotasemarang
#KomisiB

Berita Terkait