Komisi D DPRD Kota Semarang Rapat Dengar Pendapat membahas Penanganan Covid-19 dilanjutkan sidak ke centra vaksinasi


Jumat (13/2) Komisi D DPRD Kota Semarang melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Komisi D dengan Dinas Kesehatan dalam Penanganan Covid-19 dengan dilaksanakan vaksin dan mengadakan kunjungan lapangan vaksinasi di Quinn City Semarang. Rapat dan kunjungan lapangan tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi D Rahmulyo Adi Wibowo dan didampingi Sekretaris Komisi D Anang Budi Utomo serta Anggota Komisi D Dyah Ratna Harimurti, Abdul Majid, Siffin Almufti, Lely Purwandari, Rohaini, Umi S. Diniyah, dan Supriyadi.

Sebelumnya Kepala DKK Abdul Hakam memaparkan update situasi sampai dengan saat ini terkait Covid di Kota Semarang per wilayah kelurahan dan kecamatan. Saat ini banyak sekali pihak swasta yang mengadakan tes pcr baik itu di laboraturium, klinik, ataupun drivethru. Rohaini pun mempertanyakan apakah data antara dari dinkes dengan laboratorium swasta sudah sinkron dan terkoneksi karena masih banyak terjadi perbedaan data yang ada di kelurahan dan di DKK. Abdul Hakam pun menjelaskan bahwa ada banyak laboratorium dan test drivethru yang tidak berijin, sehingga sulit dikoneksikan datanya. Sedangkan untuk laboratorium resmi dan klinik pratama semua data sudah terkoneksi dengan DKK atau puskesmas terdekat.

Selain itu DKK juga mengupdate terkait capaian program vaksinasi yang telah dilaksanakan di Kota Semarang. Perihal vaksinasi gratis yang bekerjasama dengan pihak swasta, masih banyak warga yang kesulitan karena pendaftarannya melalui website, rata-rata mereka adalah masyarakat berpendapatan rendah. Selain itu Komisi D juga mempertanyakan terkait netralitas dari penyenggaraan kegiatan vaksinasi tersebut agar tidak ditunggangi kepentingan politik tertentu.