Breaking News

Kunjungan Lapangan Komisi B DPRD Kota Semarang ke kantor Pos Pembayaran PBB di Karangayu dan Beringin

Rabu (20/1) Kunjungan Lapangan Komisi B DPRD Kota Semarang ke kantor Pos Pembayaran PBB di Karangayu dan Beringin dipimpin langsung oleh Ketua Komisi B Joko Susilo. Turut hadir mendampingi Wakil Ketua Komisi B Johan Rifai, Sekretaris Komisi B Herlambang, Anggota Komisi B Dibyo Sutiman, Melly Pangestu, Nungki Sundari, Wiwin Subiyono, Juan Rama, Suryanto, dan Adi Subkhan Ifana, serta OPD terkait Bappenda.

Wiwin meminta bappenda mendata daerah mana saja yang tidak terpetakan pelayanannya. Tidak hanya gedung yang diperbaiki, namun pelayanannya juga. Selain itu ia berharap masyarakat yang ingin bayar pajak dapat dipermudah dan pemkot dapat memperbaiki sistem pelayanan pembayaran pajak, jika ada masyarakat yang meminta keringanan agar dipermudah, mungkin karena dia kesulitan. Bappenda mengatakan bahwa keringanan yang diberikan bisa sampai 75% untuk veteran dan maksimal 10% bagi masyarakat, asalkan dapat melampirkan surat penghasilan dan dari kelurahan. Bappenda juga menjelaskan adanya kenaikan nilai pbb berdasarkan nilai pasar dan bisa juga karena luas bangunan yang bertambah.

Joko Susilo mengapresiasi adanya inovasi pembebasan denda serta dibukanya kantor pos pembayaran PBB cabang ini mempermudah masyarakat untuk membayar pajak tanpa harus ke kota dan berdesak-desakan. Ia mengatakan jika hal seperti ini dapat mempermudah proses pembayaran, mengapa tidak semua kecamatan diberi agar memudahkan seluruh masyarakat membayar pajak, sehingga realisasinya pun juga tercapai, hal ini merupakan win win solution. Sampai saat ini sudah ada 4 cabang yang telah aktif digunakan. Namun masih ada beberapa kekurangan, sebagai kantor cabang rasanya kurang representatif karena cabang beringin lokasinya terlalu menjorok ke dalam gang sehingga sulit aksesnya, tempat parkir dan loket pembayaran perlu diperluas.

Berita Terkait