Breaking News

Lanjutan Rapat Pansus LKPJ Walikota Semarang akhir tahun anggaran 2020

Lanjutan Rapat Pansus LKPJ Walikota Semarang akhir tahun anggaran 2021, Selasa (14/4) dipimpin oleh Ketua Pansus HM. Rukiyanto. Turut hadir mendampingi, Wakil Ketua Pansus Danur Rispriyanto, Sekretaris Pansus Joko Santoso dan Anggota Pansus diantaranya Gumilang Febriayansyah, Suharsono, Anang Budi Utomo, Jauhar Awaluddin dan Joko Susilo. Hadir pula dalam rapat tersebut OPD pemdamping dari Bappeda, Bapenda, Inspektorat. Seperti disampaikan Rukiyanto sebelumnya bahwa agenda pada rapat hari ini adalah menampung rekomendasi fraksi-fraksi serta Penajaman terkait kegiatan refokusing di masing-masing Kecamatan yang diwakili oleh Kecamatan Semarang Selatan dan Kecamatan Gajahmungkur, serta Disdukcapil terkait data jumlah penduduk yang menjadi korban covid.


Rukiyanto berharap Disdukcapil dapat melakukan verifikasi dan validasi secara terus menerus, sehingga data kependudukan yang dimiliki tersebut valid, baik jumlah penduduk maupun data base warga miskin sehingga bisa dipertangungjawabkan. Tujuannya agar tidak terjadi lagi salah sasaran ketika pemberian bantuan. Anang Budi Utomo pun merekomendasikan untuk membuat sistem informasi pelaporan kematian agar data warga yang meninggal bisa diketahui, karena validitas data ini berimbas kepada berbagai program kerja beberapa OPD seperti pembayaran premi UHC dari Dinkes, pemberian bantuan dari Dinsos, database siswa di Disdik dan yang lain.

Jauhar Awaluddin pun juga menyoroti perlunya perbaikan SDM pada bagian pelayanan di kelurahan karena dirasa masih kurang. Selain itu ia juga meminta Kecamatan dapat bergerak aktif mendorong ke pengembang perumahan untuk menyerahkan fasum ke pemkot, tujuannya agar bisa masuk ke program perawatan dan pembangunan dari pemerintah.

Berita Terkait