Breaking News

Rapat Komisi B dengan Bappenda Kota Semarang

Rapat Komisi B dengan Bappenda Kota Semarang, Selasa (23/2) dilaksanakan di Ruang Komisi B DPRD Kota Semarang. Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi B Joko Susilo didampingi Wakil Ketua Komisi B Johan Rifai, Sekretaris Komisi B Herlambang Prabowo dan dihadiri oleh Anggota Komisi B diantaranya Nungki Sundari, Melly Pangestu, Dibyo Sutiman, Wiwin Subiyono, Juan Rama dan Suryanto.

Rapat hari ini membahas potensi pendapatan dari sektor pajak parkir yang belum masuk ke Bappenda, serta tentang potensi pemdapatan pajak parkir di dalam kawasan industri dan tempat wisata. Bapenda menyampaikan dikawasan industri jalan milik pribadi atau milik pengelola kawasan sehingga tidak ditarik parkir, aktifitas disana juga hanya bongkar muat untuk kepentingan industri. Sementara itu, wisata pantai marina sudah masuk pendapatan pajak dari pajak hiburan dan pajak parkir.

Dalam rapat tersebut Herlambang juga menyampaikan bahwa masih banyak parkir khusus yang dikenakan biaya seperti parkir umum. Selain itu masih banyak kebocoran hasil parkir yang tidak masuk ke kas daerah, sehingga perlu dicari solusi dan antisipasinya. Ada banyak tempat parkir liar utamanya di tempat strategis, hal tersebut harus terdeteksi dapat diupayakan masuk ke kasda sebagai pendapatan parkir. Lebih lanjut, Joko Susilo berharap dapat mempertemukan dishub dan bapenda untuk duduk bersama bersinergi agar tidak terjadi saling klaim dan tumpang tindih kewenangan, karena pada akirnya semua untuk PAD. Perihal parkir khusus seperti di mall misalnya perlu dicari formulanya, sehingga target pendapatan tinggi dapat tercapai namun tidak memberatkan warga.

Berita Terkait