Breaking News

Rapat komisi D dengan Pemadam Kebakaran

Rapat komisi D dengan Pemadam Kebakaran, Rabu (3/3) dipimpin oleh Sekretaris Komisi D Anang Budi Utomo. Hadir mendampingi dalam rapat tersebut Wakil Ketua Komisi D Rahmulyo Adi Wibowo, Anggota Komisi D Rohaini, Siffin Almufti, Abdul Majid, Dyah Ratna Harimurti, dan OPD pendamping BPKAD, Inspektorat, Bappeda, Bagian Hukum Setda Kota Semarang, dan Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Semarang.

Agus Kepala Damkar menyampaikan bahwa pada anggaran belanja tahun 2020 dan 2021 terdapat 2 jenis pendapatan, yakni retribusi jasa umum dan retribusi jasa usaha. Pada retribusi jasa umum terdapat kenaikan dari target sebesar 146.53% sementara pada retribusi jasa usaha terdapat kenaikan dari target sebesar 118.75%. Perihal penyewaaan mobil operasional pemadam kebakaran, terdapat penurunan pendapatan akibat pandemi banyak event-event yang batal di laksanakan.

Anang pun mengapresiasi kinerja damkar yang cukup baik, ia meminta damkar untuk menjaga kualitasnya. Rohaini mengatakan bahwa pemberdayaan kepada masyarakat dan pengendaliannya harus tepat sasaran. Rahmulyo menambahkan bahwa Damkar harus lebih meningkatkan target anggaran karena Damkar merupakan salah satu OPD yang terjun langsung ke masyarakat, sehingga ia berharap damkar dapat lebih banyak berinovasi terkait kesiagaan penanganan bencana dari segi SDM maupun alat penunjangnya dan tidak lagi menggunakan cara konvensional.

Berita Terkait