Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim S.Pd., MM. hadir menjadi narasumber dalam dialog interaktif dengan Menjaga Harga Kebutuhan Pokok Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim S.Pd., MM. hadir menjadi narasumber dalam dialog interaktif dengan Menjaga Harga Kebutuhan Pokok Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Senin (18/04) di Hotel Noormans Semarang. Turut hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang yang diwakili oleh Abdul Haris Nur Hidayat S.Sos dan Dekan FEB UNDIP Semarang Prof Dr Firmansyah SE.

Tradisi menjelang lebaran biasanya permintaan barang akan meningkat. Menurut Mualim hal ini lah yang menjadi salah satu faktor naiknya harga barang. Terkait dengan hal tersebut ia meminta Pemerintah mencukupi suplai dan pemantauan kebijakan harga yang diikuti ketersediaan barang, sehingga kenaikan harga dapat dikontrol. Mualim juga mengapresiasi upaya pemerintah yang membentuk tim memantau harga dan ketersediaan bahan pokok dengan melibatkan beberapa instansi.

Sementara Firmansyah menyampaikan bahwa kelangkaan barang dipengaruhi oleh supply and demand. Adanya supply berkurang atau permintaan yang meningkat harus diseimbangkan supaya kenaikan harga tidak signifikan. Sementara dari Dinas Perindustrian Abdul Haris menghimbau supaya masyarakat Bijak dalam berbelanja dan mengkonsumsi barang.