Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim S.Pd. MM hadir menjadi narasumber Dialog Interaktif dengan tema Membangun Pendidikan Mental Anak Didik

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim S.Pd. MM hadir menjadi narasumber Dialog Interaktif dengan tema Membangun Pendidikan Mental Anak Didik, Kamis (30/6) di Gedung Kompas TV Semarang. Turut hadir menjadi narasumber Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Erwan Rahmat dan Pemerhati Perkembangan Anak Dhany Widijanti, S.Psi, Psi.

Menurut Mualim untuk mendukung pembentukan karakter siswa maka diperlukan pondasi yang kuat sejak dini baik itu dari orang tua atau lingkungan pendidikannya, untuk itu perlu penyesuaian modal untuk memenuhi kebutuhan fasilitas sekolah. Selain itu ia juga menambahkan terkait sistem zonasi yang ada saat ini menjadi plus minusnya bagi pendidikan di Kota Semarang, plusnya adalah adanya pemerataan pendidikan di tiap sekolah, minusnya jadi tidak ada sekolah yang diunggulkan. Ia pun memberikan evaluasi dalam sistem zonasi Disdik, bahwa skorsing nilai perlu dihitung lebih besar dari jarak tempuh, sehingga persaingan adil.

Terkait kurikulum merdeka, Erwan mengatakan bahwa ruhnya adalah sekolah ramah anak. Karena pada kurikulum ini tidak memberatkan pada nilai dan mengajak siswa untuk aktif secara logika. Hal tersebut sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh pemerhati anak Dhany Widijanti bahwa orang tua dan guru harus mengetahui karakter anak untuk mengetahui metode pembelajaran yang baik. Jika dilihat karakter anak-anak saat ini lebih menyukai dengan sistem yang praktis dan tidak terlalu banyak teori. Untuk itu antara orang tua, guru, dan pemerintah perlu bersinergi untuk membentuk lingkungan yang kondusif bagi siswa dan bersama-sama menciptkan generasi penerus yang cinta tanah air.

Source : Humas Sekretariat DPRD Kota Semarang

#dprdkotasemarang
#dialoginteraktif
#wakilketuadprdkotasemarang