Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Muhammad Afif hadir sebagai Narsumber pada kegiatan Dialog Interaktif dengan tema Bergerak bersama membantu Panti Asuhan

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Muhammad Afif hadir sebagai Narsumber pada kegiatan Dialog Interaktif dengan tema Bergerak bersama membantu Panti Asuhan, Rabu (13/07) di Studio TV KU Semarang. Hadir pula sebagai narasumber dari Dinas Sosial Puspita Rini selaku Kabid Pemberdayaan Sosial dan Pengasuh Panti Asuhan Al Rifdah Kota Semarang Paula Frederika.

Afif menjelaskan bahwa Panti Asuhan harus memiliki managemen pengelolaan yang baik juga harus ada backup pendanaan dari donatur. Pengelola panti hendaknya aktif jemput bola dengan mendatangi donatur untuk menambah jumlah donatur dan mempromosikan panti asuhan serta aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak serta bisa memanfaatkan media. Dewan selaku mitra dari pemerintah ikut aktif dan mendorong masyarakat supaya peduli dan meningkatkan kesadaran berdonasi. Selain itu Afif juga mengatakan bahwa perlu sosialisasi ke warga guna mengarahkan dan alokasi amal supaya masyarakat mengenal dan mau bersilaturahmi ke panti.

Puspita Rini menyampaikan bahwa Panti Asuhan seyogyanya punya tanda daftar guna validasi data keberadaan dan kebutuhan panti juga untuk pengajuan bantuan anggaran setiap tahunnya guna fasilitasi kebutuhan panti asuhan. Di Dinas Sosial juga ada LKKS (Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial) yang di dalamnya ada OPD, forum pengurus panti, orang yang peduli sosial dan stakeholder lain sehingga bisa memberikan rekomendasi untuk donatur. Sebagai penutup dia berharap semua panti mengajukan tanda daftar untuk kevalidan panti supaya pemerintah bisa lebih optimal membantu dan memfasilitasi kebutuhan panti.

Source : Humas Sekretariat DPRD Kota Semarang

#dprdkotasemarang
#dialogdprdkotasemarang